GERAKAN HIDUP SEHAT DENGAN CUCI TANGAN

          Kebiasaan cuci tangan bagi kebanyakan orang merupakan hal sepele, namun memiliki manfaat yang luar biasa. Meski begitu, masih belum banyak yang belum membiasakan cuci tangan sebelum melakukan suatu kegiatan.

            Cuci tangan di rumah sakit merupakan kewajiban mutlak bagi perawat baik sebelum dan sesudah melakukan aktivitas pekerjaan. Mengapa hygienitas atau kebersihan tangan penting dalam kehidupan kita terutama di lingkungan rumah sakit ? pertanyaan ini terjawab dalam acara In House Training dan Workshop Hand Hygiene Tahap ke II yang diselenggarakan oleh Komite PPI RS PKU Muhammadiyah Surakarta selama 4 hari pada tanggal 2-5 Juli 2012 di Aula Baitul Hikmah RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

            In House Training yang diisi oleh Jaka Supardi, SKp (3M-Jakarta) dan Tedy Jaswadi, S.Kep.Ns (B Braun-Jakarta) dihadiri oleh sekitar 600 karyawan RS PKU Muhammadiyah Surakarta yang terbagi menjadi 4 gelombang.

            Menurut Sumarni, AMK selaku Ketua Tim Perawat Pengendali Infeksi (PPI) RS PKU Muhammadiyah Surakarta, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari cuci tangan sedunia dan membekali karyawan dengan gerakan hidup bersih yang dimulai dengan cuci tangan setiap saat. Selain itu diberikan praktek 30-60 detik cara cuci tangan yang tepat dengan air mengalir atau dengan cairan khusus yang aman.

            Diharapkan dengan kegiatan ini, kebiasaan ini menjadi standar hidup sehat bagi seluruh karyawan rumah sakit dan pencegahan yang ampuh dari infeksi maupun penyakit yang ada di lingkungan sekitar.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: