TENTANG PKU

Tahun 1927 – 1928 Pertama kali disebut dengan nama Balai Pengobatan Mata Penolong Kesejahteraan Oemoem (BPMPKO) namun belum mempunyai tempat domisili yang menetap. sehingga untuk melayani umat bertempat di rumah Bapak Kyai Muhtar Buchori tepatnya di Kauman Surakarta kemudian diteruskan di kantor Muhammadiyah di Keprabon surakarta. Jenis aktifitas pelayanan kesehatan yang ditawarkan saat itu berupa poliklinik mata (termasuk THT).
Tahun 1928 – 1930
Lokasi tersebut kemudian pindah ke Alun-alun utara, tepatnya bertempat disebelah utara Masjid Raya Surakarta. Jenis pelayanan dan nama yang digunakan masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya

Tahun 1930 – 1931 Pelayanan kesehatan dan nama masih sama dengan tahun yang lalu, hanya lokasinya yang berubah yaitu di daerah Kauman Surakarta

Tahun 1931 – 1933 Pada saat ini jenis pelayanan kesehatan pada namanya masih tetap seperti tahun-tahun lalu hanya lokasinya pindah ke daerah Keprabon Surakarta.

Tahun 1933-1936 Lokasi pindah di daerah Kusumayudan. Jenis kesehatan yang diberikan bertambah yaitu poliklinik mata (termasuk THT) poliklinik umum, poliklinik apotik, pemondokan (RB) namanyapun berubah menjadi Balai Kesehatan Pembina Kesejahteraan Oemoem (BKPKO)

Tahun 1936 – 1948 Lokasi berada di Batangan yaitu di jalan Pasar Kliwon 156 Surakarta. Jenis pelayanan yang ditawarkan semakin banyak : Poliklinik umum, poliklinik apotik, pemondokan orang sakit, khitanan, asrama bidan dan juru rawat serta kamar operasi mata dan THT.

Tahun 1948 -1949 Sebagian lokasi di pindah ke Bekonang Keprabon  kemudian ke SD Muhammadiyah I Surakarta. Jenis pelayanan kesehatan masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, tetapi untuk laborat dan THT berhenti beroperasi dengan alasan penderita menurun.

Tahun 1949 – 1976 Lokasi berpindah ke Batangan Surakarta. Pada tahap ini PKU di ganti dengan nama Pembina Kesejahteraan Oemat (PKOM) pada tahun 1951. Jenis pelayanan kesehatan bertambah adalah pelayanan operasi mata dan THT, Laboratorium bertambah untuk pemondokan pasien THT, Polklinik Gigi, Poliklinik anak, serta mendirikan koperasi tahun 1974.

Tahun 1976 – 1982 Selain perkembangan fisik dan penambahan pelayanan kesehatan PKOM juga menghasilkan perkembangan kesejahteraan karyawan, sebagaimana didirikannya koperasi untuk mensejahterakan karyawan. Selain itu diadakan pendidikan atau pengaturan gaji karyawan yang sebelumnya belum diatur.

BKPKOM berusaha menjadi lembaga kesehatan yang menyelenggarakan kesehatan bagi masyarakat luas dengan berusaha  mewujudkan tujuan dan cita-cita semula yaitu ingin memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat agar tercapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya baiki jasmani, rohani dan sosial sehingga mampu melaksanakan perintah agama. Pada tahun 1978 BPKPKOM mulai mengajukan izin untuk menjadi Rumah Sakit.

Tahun 1984 – 1986 Jenis pelayanan kesehatan menjadi bertambah dengan adanya pelayanan poliklinik kandungan, Poliklinik Mata, Psikiater, Saraf, Konsultasi Psikologi, Klinik, pemondokan untuk Umum, Bersalin, THT, Anak/Pediatri, Paru -paru, Dalam, Jantung, Orthopedi, Operasi Saraf, KU dan ICCU.

Tahun 1986 – Sekarang

Jenis pelayanan kesehatan yang ditambah adanya angkutan pasien (ambulance), angkutan jenazah serta pelayanan parkir kendaraan dalam hal melaksanakan kegiatan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah. Pada masa sekarang ini Rumah Sakit PKU Muhammadiyah telah memiliki unit-unit pelayanan kesehatan seperti poliklinik, penunjang medik, unit-unit pelayanan non medik. Untuk rawat inap terbagi beberapa kelas, VIP, Kelas I, Kelas II, Kelas III. Kapasitas yang tersedia di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta sebanyak 157 tempat tidur. Izin menyelenggarakan RS PKU Muhammadiyah Surakarta keluar pada tanggal 7 Februari 1986 dengan nomor : 023/Tan/Med/RS.KS/PA/1992. Tahun 1998 RS PKU MUHammadiyah mendapatkan akreditasi untuk 5 pelayanan meliputi pelayanan Medis, administrasi Manajemen, Instalasi Gawat Darurat, Keperawatan, dan Rekam Medis.

8 Tanggapan so far »

  1. 1

    Kartono said,

    Kepada yth,
    Pimpinan RSU PKU MUHAMADIYAH.

    Setelah saya buka web site RS PKU MUHAMADIYAH tidak ada tampilan pelayanan apa yang diberikan dan tarif serta nama dokter bpraktek dan keahliannya serta gambar kamar atau failitas lainnya,

    Mudah mudahan masukkan ini dapat memperbaiki system web site anda.

    Salam,
    Kartono

  2. 2

    han said,

    aslmkm wr.wb
    diwebsite ini kok gak ada profilnya spt visi,misi RS.logo RSnya jg gak ada..ayo PKU bikin hidup websitenya….
    wslkm..

    Terima kasih komentar dan sarannya. Iya nih web ini masih dalam percobaan dan perbaikan. Insya Allah saran anda kami pertimbangkan dan ke depan akan kami sertakan foto – foto atau data yang lain.

  3. 3

    Danik said,

    Assalaamu’alaikum,,
    saya mau bertanya, apakah di PKU Muhammadiyah ada kelas senam hamil?
    Terimakasih

    • 4

      pkusolo said,

      Di RS. PKU Muhammadiyah Surakarta ada layanan Senam Hamil setiap Rabu dan Sabtu. Silahkan kontak di bagian Fisioterapi atau bagian Humas di 0271-714578.

  4. 5

    betty said,

    maaf sudah ada terapi wicaranya kah?

    • 6

      pkusolo said,

      Pelayanan Terapi Wicara dilayani setiap hari Kamis & Jumat pukul 10.00 – 13.00 WIB di Poliklinik Rehabilitasi Medik RS PKU Muhammadiyah Surakarta Gd. Utama Lt.2

  5. 7

    wiwid said,

    jadwal dokter anik & dokter soffin hari apa jam brapa aja ya? makasih


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: