KONSULTASI DOKTER

Anda mempunyai keluhan yang ingin di tanyakan kepada dokter ahli ? silahkan posting pertanyaan, Insya Allah dokter ahli RS. PKU Muhammadiyah Surakarta akan memberikan solusinya untuk Anda …..

56 Tanggapan so far »

  1. 1

    sinta said,

    ass..dokter

    dokter saya seorang pengantin baru. baru 2 bulan saya menikah. dok,,kami sangat menginginkan seorang anak. tapi di saat ini, suami saya menderita penyakit tb tulang (kaki di sebelah kanan suami saya).
    dok..di saat kami berhubungan intim..ketika suami memasukkan penis nya,baru setengahnya masuk lalu selalu saja tiba2 suami saya ingin bak(buang air kecil) yang tak bisa di tahankan. ya….tentu saja penis nya keluar lagi. mengapa ya dok kok bisa begitu? hal itu terjadi ketika kami ingin berhubungan intim bahkan sampai sekarang. setiap berhubugan intim…itulah yang slalu terjadi, yang akhirnya sampai saat ini saya masih perawan dok.

    dok..bagaimana cara nya kami bisa memiliki seorang anak? dan mengapa itu kok bisa terjadi?

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawaban dari dokter…

  2. 2

    faraz said,

    Dok,saya wanita usia 22th.wkt pacaran,pacar saya suka memasukkan jari tangannya ke dalam vagina saya,sempat berdarah jg.apakah saya msh perawan?apakah nanti kl saya menikah dg orang lain,suami saya akan mengetahuinya?apakah bs,selaput dara yg sdh robek menutup kembali?gimana caranya?saya mohon bantuan dokter.terimakasih.

    Mba Faraz yang masih pacaran,
    Apa yang anda lakukan sangat mungkin dapat merusak selaput dara. Selaput dara jenisnya bermacam-macam. Jika selaput dara mba faraz termasuk jenis yang lentur bisa saja kembali seperti biasa. Tetapi, bila termasuk yang kaku…yaa bisa rusak! dan orang lain bisa tahu bila memeriksa selaput daranya. Keluar darah sewaktu berhubungan intim bukan tanda pasti selaput dara itu masih baik atau sudah rusak.
    Kemudian saran saya, hal yang dilakukan oleh pacar mba Faraz tentu jangan diulangii kecuali dengan ikatan pernikahan…

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  3. 3

    redy said,

    dok..apa lidah cadel bawaan dr kecil bs dsembuhkan dg operasi?biayanya berapa?

    Bapak Redy di Yahoo.com.
    Untuk lidah yang cadel dapat diterapi, tetapi tergantung penyebabnya. Biasanya dengan terapi Artikulasi dapat membantu menormalkan lidah yang cadel itu. Coba bapak bisa mendatangi pusat rehabilitasi medis di tempat bapak atau speech therapy centre di kota bapak.

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  4. 4

    pkusolo said,

    Untuk Ibu Sinta yang sabar, bagi suami yang setiap mau berhubungan badan kemudian ingin segera BAK, sangat dimungkinkan oleh pengarus stress atau tekanan psikis yang mungkin tidak disadari sehingga fungsi dari parasimpatisnya terangsang sehingga mengakibatkan keinginan untuk BAK selalu terjadi. Sebaiknya dicoba dulu sebelum berhubungan kalau perlu mandi bersama dengan air hangat untuk meningkatkan libido dan pemanasan, setelah itu barulah dicoba untuk penetrasi. Apabila masih gagal, coba kontrol ke dokter andrologi di kota anda.
    Untuk menginginkan anak bila dengan cara konsevatif masih belum bisa, maka dapat dicoba dengan teknik repoduksi bantuan misanya dengan Inseminasi Buatan atau dapat pula dengan program Bayii Tabung. Tentu semuanya dikerjakan oleh para ahli yang ada di kota anda atau kota terdekat.

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  5. 5

    Cinta said,

    Selamat siang Bpk/Ibu Dokter…
    Saya berusia 25 thn, saya sdh menikah selama 6 blnan. Saya dan suami biasa bertemu 1/2 minggu sekali. Kebetulan pas ketemu suami saya kebanyakan saya mungkin dlm kondisi subur (sblm/sesudah haid). Pd bln Nov TGL 11an saya b’hubungan intim. Akhir BLN Nov keluar coklat2 menghitam di celana dlm kira2 3 hran. WKT itu, tdk terlintas sdktpu di benak saya kl saya mgkn hamil. Saya cm merasa agak aneh ska kopi & rsnya payudara mulai membesar termasuk putingnya, KDG SKT/TRS penuh. Saya mulai suka kopi & buah. Saya terbiasa haid teratur sebelum2nya. SBNRnya saya juga merasa sdkt aneh karena biasanya kl saya stress saya malah haid lbh 1 kl dlm sebulan & saya merasa saya tdk STRESS, hanya saya mulai rajin pusa senin-kamis BLN itu. TRS akhir Des keluar coklat2 lagi & i hr keluar darah haid tapi hanya sedikit & lbh banyak encernya. Saya mulai merasa mual dg bau-bauan, ingin makan makanan tertentu kadang, sering air kecil.KMDAN saya test pack, hasilnya (-). Saya ke RS, di test pack, hasilnya jg (-). Ke dokter umum tuk konsultasi 2 x, keduanya menyatakan kemgknan besar hamil. Mereka raba perut, tensi darah, itung denyut. Saya juga ke dokter kandungan. TP STLH ke sana saya kecewa, bkn krn pelayannanya ja, juga karena tdk ada jwban yang memuaskan. Dia cuma bilang ukuran rahim/keadaan rahim normal, tdk ditemukan kelainan. Yang saya kecewa di buku periksa ada tlsan tensi darah saya, padahal saya tdk diapa-apain selain di USG. DG SDKT keras dokter tsb jg bilang ‘kalo tdk percaya test darah & hormon aja’. Saya TDK lakukan, sampai saat ini krn takut kecewa lagi. Saya mulai merasa lebih sering mula & makan dikit/ bau sesuatu dkit mual. sering pipis & sulit BAB, migrain, badan/ kaki terasa pegal, pengen tidur terus. KL menderita syndrome pgn bgt hamil (spr kata dokter spesialis TSB), saya merasa TDK, sebab untuk apa setiap kali b’hubungan suami saya sll ‘buang’ ke luar. Jelas kami msh balum ingin ada seorang anak saat ini. SKRG, saya perut saya tiba-tiba tersa kram & akhir BLN Jan ini saya keluar coklat2 lagi, darah haid sdkt (banyak encernya). SBLMnya saya mengkonsumsi obat keputihan matadinazol 500mg,kl mandi cuci ‘Miss V’ pakai batadine & pakai obat perlancar haid 1 kali minum.Saya bingung ‘apa yang terjadi di tubuh saya?’. Saya masih males cek2 apa2 lagi ? Apa saya mengalami keguguran ?

    Ibu Cinta yang lagi Bingung….
    Menurut saya ibu sekarang sedang dalam keadaan yang cemas karena adanya ketidakpastian yang ibu alami.
    Saran saya, coba ibu periksa kadar BetaHCG darah, estradiol, FSH, Frolaktin, dan Testosteron di laboratorium terdekat di kota ibu, serta periksa USG Transvaginal dengan dokter Kandungan dan Kebidanan.
    Insya Allah, dengan macam pemeriksaan tersebut masalah yang ibu alami dapat segera diketahui serta mendapatkan terapi yang baik.
    Dan jika memang tidak ada tanda-tanda kehamilan dan ditemukan masalahnya apakah ditimbulkan dari hormonal atau yang lainnya, maka biasanya dokter kandungan akan melakukan terapi yang lebih spesifik. Cobalah setelah periksa laboratorium itu, ibu datang konsultasi dengan dokter ahli kebidanan di kota Ibu.
    Semoga jawaban ini bermanfaat dan lebih menenangkan ibu, dan semoga kecemasan ibu bisa pudar berganti dengan semangat untuk beraktifitas yang lebih bermanfaat.

    Jawaban oleh : Dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  6. 6

    Sekar said,

    Siang dok, Saya Sekar, 29th, menikah 5th. saya berencana memiliki anak. 2bulan yang lalu yang memeriksakan kesehatan ke dokter ahli kandungan. Dokter menyarankan saya melakukan HSG, tes progesterone, FSH, Prolaktin, LH, Estradiol. Hasilnya progesteron 25,74.
    Dari HSG diketahui kedua tuba saya buntu, pada waktu pemeriksaan HSG saya tegang, stress, kurang relax krn ketakutan sehingga foto diulang sampai dua kali. Dan saya telah menjalani hidrotubasi. Apakah dengan hidrotubasi kedua tuba yang mampet bisa terbuka. Pada waktu hidrotubasi saya dibius dan dokter tidak langsung memberitahukan hasilnya tapi saya disuruh kontrol dua minggu setelah hidritubasi.
    Kemudian dari USG diketahui rahim saya bagus gak ada kelaliana apa-apa Cuma posisinya terbalik. Pada waktu periksa USG saya hampir masa subur sehingga terlihat di rahim kiri telur yang hampir matang dengan diamter normal sedang di rahim kanan terlihat beberapa sel telur dengan ukuran kecil-kecil.
    Dok, saya ini sangat menyayangi kucing apakah semua kucing menyebabkan tokso?
    Dari masalah yang saya alami, apakah memukinkansaya bisa mendapat keturunan.
    Sebelum dan sesduahnya saya ucapkan terimakasih.

    Ibu Sekar yang sedang ingin hamil,
    Kalau dari pemeriksaan HSG didapatkan kedua sel telur mengalami kebuntuan, artinya sel telur tidak bisa dibuahi oleh sperma secar normal melewati saluran telur itu. Dengan Hidrotubasi, bila saluran telur itu masih buntu, berarti kehamilan harus dibantu dengan teknn reproduksi bantuan dengan cara bayi tabung. Tetapi patut diingat, bahwa pada pemeriksaan HSG bila kedua saluran buntu bukan berarti 100% benar-benar buntu, bisa jadi tidak demikian yang sebenarnya. Bila ragu-ragu ibu bisa melakukan laparoskopi untuk evaluasi faktor tuba atau saluran telur dengan faktor peritoneum atau selaput dinding perut. Bila memang terkonfirmasi buntu, maka bayi tabung adalah menjadi solusinya. Insya Allah ibu masih bisa hamil.

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG.

  7. 7

    Dora said,

    siang dok…
    dok, kalo saya ingin konsultasi apakah langsung dijawab di alamatemail, saya gak punya alamat email.

    Silahkan posting pertanyaan anda di blog ini / http://www.pkusolo.wordpress.com insya Allah pertanyaan akan kami jawab di Blog, atau jika anda dekat dengan kota Solo, silahkan bisa konsultasi langsung dengan dokter di RS. PKU Muhammadiyah Solo Jl. Ronggowarsito 130 Solo. Untuk Ahli kebidanan dan kandungan ada Tiga, Dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG, Dr. Anik Suryaningsih, Sp.OG dan dr. H. Rustam Sunaryo, Sp.OG.

  8. 8

    Nathali said,

    Hello Dokter,

    Suami saya berumur 30 tahun, dan sebelum menikah tanggal 30 Januari 2008 dia melakukan sunat CO2, dan yang saya ingin tanyakan :
    1. Berapa lama jahitannya kering atau lepas ?
    2. Kami mencoba melakukan hubungan intim, dan ketika suami saya ejakulasi di spermanya kami menemukan darah. Apakah itu proses dari penyembuhan karena penyuntikan anastesi sekitar penis beberapa waktu lalu ?
    3. Apakah ada efek samping sunat itu sendiri ?

    Terima kasih.

    Ibu Nathali,
    Pertanyaan ibu kami jawab sebagai berikut :
    1. Jahitan luka khususnya khitan, biasanya kering setelah 5 hari. Tetapi, hal itu tergantung juga dengan kedisiplinan pasien dalam menjaga kebersihan luka pasca khitan. 3 hari setelah khitan, biasanya dilakukan pembukaan balutan untuk mengontrol kondisi luka. Sedangkan benang yang dipakai dalam khitan adalah benang jenis absorble yakni benang yang tidak perlu dilepas.
    2. Adanya darah pada waktu suami ejakulasi saat hubungan intim kemungkinan bukan dari efek anestesi atau bekas suntikan anestesi. Adanya darah dapat dimungkinkan keluar dari adanya pergesekan luka di penis yang belum sembuh sempurna dengan dinding vagina, sehingga pada saat ejakulasi, darah itu bercampur dengan sperma. Atau kemungkinan yang lain bila darah itu berasal dari dalam saluran sperma atau saluran kencing bisa jadi karena adanya keganasan/batu, prostat atau dari testis. Oleh karena itu, coba anda periksa kembali apakah darah itu keluar dari luka di penis (dari luar) atau justru keluarnya dari saluran kencing (dari dalam). Untuk lebih memastikannya, kami sarankan anda bersama suami konsultasi ke dokter terdekat yang ada dikota anda.
    3. Untuk efek samping khitan sama sekali tidak ada, yang ada justru efeknya sangat positif. Secara medis khitan dianjurkan karena terbukti mengurangi resiko terjadinya kanker penis bagi laki-laki dan kanker leher rahim bagi perempuan.

    Jawaban oleh dr. H. Herman Ariwibawa & dr. H. Bambang Sutanto, Sp.An

  9. 9

    ria said,

    dok, saya udah nikah hampir 3 tahun tapi blm punya keturunan. baru2 ini saya tau kalau kondisi rahim saya terbalik. trus mens saya juga gak teratur.tiap kali mens terasa nyeri di bagian bawah perut dan keluarnya darah bercampur gumpalan seperti daging. kata dokter mgkn karena kondisi rahim yang seperti itu. Dulu saya pernah “disemprot”.hasilnya obatnya masuk tapi pelan. kata dokter, kemungkinan ada penyempitan di saluran telurnya. kira2 pemeriksaan apa yang harus saya jalani biar hasilnya jelas.

    Ibu Ria yang sabar….
    Mengenai rahim yang menghadap terbalik, itu hanya variasi saja, tidak menjadi masalah. tetapi, untuk mensiasatinya ketika ML dengan suami dicoba beberapa posisi khususnya nungging karena posisi ini sangat baik bagi wanita yang kondisi rahimnya seperti anda. atau, dicoba ketika penetrasi, bokong anda diganjal dengan bantal sehingga posisinya menjadi lebih tinggi.
    Kemudian, untuk evaluasi saluran telur sebaiknya dengan periksa HSG di laboratorium terdekat atau dengan laparoskopi sehingga hasilnya akan membantu dokter untuk mendiagnosa lebih lanjut.
    Yang paling penting, tetap sabar jangan “kemrungsung”…
    Mudahan-mudahan jawaban saya dapat membantu…terima kasih.

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  10. 10

    bunga2008 said,

    Siang dok,
    Dok bulan lalu saya periksa HSG ulang. Hasilnya tuba kanan non paten n kiri paten. Dokter menyarankan saya melakukan inseminasi. Dok, saya manu nanya apakah insem tiu prosesnya seperti di HSG? dan apakah saya dibius? terus terang saya masih trauma dengan pemeriksaaan HSG. kira-kira biaya insem itu berapa? Thx


    Ibu Bunga yang sedang menunggu momongan…
    Tentang inseminasi prosesnya tidak seperti pemeriksaan HSG.
    Pertama, Indung telur ibu dilakukan pacuan untuk menumbuhkembangkan sel telur.
    Kedua, pada siklus pertengahan dilakukan USG transvaginal untuk melihat hasil telurnya yang matang yang sebelah mana. Kalau telur sebelah kiri matang di mana saluran telur tidak buntu, maka dilakukan suntikan untuk merangsang Ovulasi atau keluarnya sel telur.
    Ketiga, pada sel telur dilakukan pembuahan melalui kateter khusus yang lembut ke dalam rahim oleh sperma yang sebelumnya telah dipersiapkan dan di pilih yang sehat dan baik.
    Maka, dengan langkah tersebut dan Allah menghendaki, maka kehamilan bisa didapatkan.
    Kemudian, untuk biaya inseminasi tidak mahal. Tindakan inseminasinya sekitar 1 jt sedangkan untuk obat-obatan sekitar 4 jt.
    Demikian Ibu Bunga, mudah-mudahan jawaban saya dapat membantu ibu untuk meraih harapan mendapatkan momongan. Terima kasih.

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, S.OG.

  11. 11

    rara said,

    saya sangat bersyukur kepada Alloh SWT.yang telah melimpahkan rahmatnya Kepada kami sekeluarga sehingga Ortu saya yg di rawat di Rs PKU dapat sehat kembali,dan kepada seluruh staf, dokter, perawat dan karyawan Rs PKU .yang telah membantu Ortu kami selama sakit di sana. Tapi kami jg sangat kecewa dengan Pelayanan seorang Dokter yg kurang ramah…seorang Dokter adalah seorang yg mempunya i jiwa sosial,kemanusian yg besar tp salah seorang Dokter dengan nama X seperti orang yg tak berpendidikan….tak pernah ramah,pada setiap keluarga yg kena musibah karena keluarganya sakit….Dokter jg seorang manusia yg jg bisa merasakan sakit,jd jgan mentang2 anda punya jabatan Dokter bisa se enaknya sendiri…Anda ga pantas bernaung di bawah bendera PKU muhammadiyah…Sadarlah ,selagi pintu taubat masuh terbuka untuk anda…..dan hargailah mereka keluarga yg kena cobaan mereka sangat cemas dengan keadaan salah seorang keluarganya yg butuh bantuan. semoga Dokter X dapat sadar….trims.

    Untuk mBak Rara…
    Terima kasih atas kepercayaan anda dan keluarga kepada RS. PKU Muhammadiyah Solo…
    Teriring doa semoga keluarga anda senantiasa mendapatkan limpahan rahmat, hidayah dan inayah dari Allah SWT.
    Kami juga mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama orang tua anda di rawat banyak hal yang kurang berkenan, dari mulai pelayanan, fasilitas dan lain sebagainya. Sedangkan terkait dengan keluhan anda, sebagai sesama muslim Insya Allah akan kami sampaikan kepada yang bersangkutan sebagai wujud Tawaashau bil haqqi wa tawaashau bish shabr. Sesama muslim wajib mengingatkan antara yang satu dengan yang lainnya tetapi alangkah baiknya bila anda juga menyertakan data-data pendukung pasien sehingga dengan data pendukung tersebut akan memudahkan klarifikasi agar hal ini tidak menjadi fitnah, atau anda bisa menyampaikan data tersebut ke Bagian Humas a.n Ibu Betty Andriani S.Sos di No. Telp 0271-714578. Perlu anda ketahui pula bahwa masalah yang anda sampaikan akan diselesaikan pada tingkat Direksi. Untuk itu kami ucapkan terima kasih atas masukan anda dan keluarga. semoga masukan-masukan yang demikian menjadikan RS. PKU Muhammadiyah semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat.
    Sekali lagi terima kasih dan mohon maaf. Salam untuk keluarga..

  12. 12

    bunga2008 said,

    Siang dok,, menyambung pertanyaan saya yang kemarin
    Hari selasa yang lalu saya melakukan insem. Sehari sebelumnya saya disuntik untuk melepaskan telur. dan beberapa hari sebelumnya saya disunutik gonal F 75. Saya diinsem dalam keadaan dibius, biar relax. Sehari setelah diinsem (rabu pagi) perut bawah saya terasa pegal2 semua. Kenapa demikian ya dok. Apkah waktu disuntik untuk melepas telur, langsung bisa lepas? lalu kemungkinan keberhasilan insem bagaimana? Faktor-faktor apa saja yang bisa mempengaruhi ketidakberhasilan insem tersebut.
    Atas jawababnyya saya ucapkan terimakasih

    Untuk Ibu Bunga yang sedang menunggu…momongan…
    Perut yang pegal-pegal biasanya disebabkan karena ada kontraksi ringan rahim. Hal ini lazim disebabkan oleh proses inseminasi. Kemudian waktu disuntik obat untuk melepas telur biasanya terjadi ovulasi kurang lebih 36-48 jam setelah suntikan diberikan. Untuk keberhasilannya sendiri dapat dimungkinkan sekitar 10-30 %. Sedangkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan inseminasi biasanya faktor support dari fase lutealnya dan bisa jadi faktor emosi dari ibu juga sangat berpengaruh, maksudnya, bila ibu terlalu was-was atau cemas, hal ini sangat dapat dimungkinkan mempengaruhi proses implantasi dari embrionya sehingga hal yang sangat tidak diharapkan bisa terjadi juga, yakni keguguran spontan. Oleh karena itu, kami sarankan ibu rileks saja, tidak usah terlalu capai, tidak khawatir dan juga…(jawa)tidak kemrungsung.
    Demikian jawaban kami, mudah-mudahan bermanfaat.

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.Og.

  13. 13

    bunga2008 said,

    Siang dok.. menyambung pertanyaan saya yang kemarin tentang inseminasi.
    Inseminasi saya sepertinya gagal. Apa kegagalan ini ada hubungannya dengan polip yang ada di ujung vagina ya (2 bulan terkahir ini saya minum obat hormon, yang kemungkinan bisa menyebabkan polip. krn biasanya waktu USG saya gak ada polip., tapi waktu mau insem terlihat polip sebesar 1cm) dan apa ada juga hubungannya dengan posisi rahim saya yang retro uterus serta sperma suami yang teratoo.
    Atas jawaban dokter sangat saya tunggu dan saya ucapkan banyak terimakasih.

    wassalam

  14. 14

    fifi nofrianti said,

    dokter, nama saya fifi saya sudah dua kali hamil dan anak yang saya lahirkan selalu prematur dan akhirnya meninggal yang mau saya tanyakan apa penyebab saya melahirkan bayi prematur terimakasih
    wasalam

    Untuk Ibu Fifi yth.
    Penyebab lahir prematur adalah kontraksi rahim yang terjadi pada usia bayi prematur. Kontraksi itu dapat disebabkan oleh enzim prostaglandin. Enzim ini banyak terdapat pada cairan sperma. Stress fisik atau stress mental yang berlebihan, disamping adanya infeksi juga dapat berpotensi menjadi sebab lahir prematur.
    Saran saya, sebaiknya ibu memeriksakan kepada dokter Ahli Kebidanan di tempat ibu untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih intensif salah satunya dengan pemeriksaan darah TORCH.

  15. 15

    yudi said,

    saya pernah minta hasil skrining darah yng saya donor di pmi,hasilnya HCV reaktif,tapi ketika saya periksa ke prodia hasilnya non reaktif,saya jadi bingung kenapa 2 pemeriksaan lab ini bisa berbeda.apakah metodanya berbeda? dan kalo iya yamg mana yang bisa lebih dipercaya?

    Pemeriksaan 2 laboratorium bisa berbeda oleh karena banyak factor. Sebaiknya periksakan ulang pada laboratorium yang sudah terstandarisasi-misalnya-ISO, hal ini untuk pembanding.

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  16. 16

    Indah said,

    Siang dok,
    saya Indah 25 th, menikah 2th tapi sampai sekarang belum mendapat keturnan. Setelah saya periksa ke dokter saya ternyata didapai posisi rahim yang retro uterus dan ada polip di mulut rahim dengan ukuran 1 x 0,5 cm. Sedang sperma suami saya teratoo, Gimana dok, kemungkinan saya bisa hamil dengan alami? Atas jawabanya saya ucapkan terimakasih.

    Untuk ibu Indah, sebaiknya langkah pertama bagi ibu adalah dengan mengambil polip terlebih dahulu disamping itu suami diterapi dulu oleh dokter anda lagi. Apabila sudah siap, tidak masalah walaupun rahim ibu dalam posisi retro. Tetapi bila masih gagal, bisa juga dilakukan alternative berupa inseminasi buatan dengan syarat bahwa saluran telur harus terbuka, hal itu bisa dipastikan setelah dilakukan pemeriksaan HSG. Demikian jawaban saya…

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  17. 17

    HENDI said,

    Dokter, adik ipar saya melahirkan normal di suatu rumah sakit di kota B premature 34,5 minggu dengan berat 2,1 kg. tapi karena sampai terjadi pendarahan yang tidak bisa berhenti (setelah habis 7 kantong darah), maka dengan terpaksa dilakukan pengangkatan rahim. Tapi ternyata masalah tidak sampai di situ, bayi nya harus dirawat di rumah sakit dengan peralatan yang lebih lengkap karena ternyata sudah terdapat virus (apa?) sampai paru2 yang katanya diakibatkan dari keputihan ,kemudian kami dapatkan nasehat dari RS terkenal di kota B, bahwa lain kali siapapun yang punya masalah dalam melahirkan harus di RS dengan fasilitas lengkap agar mudah dalaam penanganannya.Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa jika dokter SpOG sudah mengetahui ada masalah kenapa memaksakan dengan kelahiran normal tidak seklaian saja di cesar? Saya sangat kasihan kepada adik saya.karena kami awam dalam masalah kedokteran dan kami bingung karena harus mencari pinjaman dari sana-sini yang belum tentu dapat karena biayanya memerlukan puluhan juta rupiah. Mohon saran dan penadpat dari para ahli. Terima kasih.

    Untuk Bapak Hendi, sebenarnya persalinan dinilai dari kemajuannya atau kondisi tahapannya. Apabila tida ada atau belum ada indikasi untuk operasi sesar dan bayi dalam pantauannya masih baik denyut jantungnya, maka persalinan bisa dilakukan dengan cara normal. Akan tetapi apabila terjadi komplikasi persalinan seperti perdarahan, pembukaan macet atau hal-hal lain yang mengindikasikan untuk operasi sesar maka hal itu tidak bisa dihindarkan untuk kebaikan ibu dan bayinya. Sedangkan adanya infeksi, hal itu bisa terjadi baik pada persalinan normal maupun persalinan dengan cara sesar. Untuk kasus pada bayi yang lahir premature memang pada saat persalinannya sudah menghadang masalah-masalah prematuritas misalnya infeksi serta masalah kematangan paru sehingga dengan kondisi yang demikian maka memerlukan perawatan yang intensif. Dan sekali lagi, kasus bayi yang demikian bisa terjadi pada persalinan normal maupun melalui operasi sesar.

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  18. 18

    andi said,

    saya mau tanya dok,apakah sunat itu penting?apakah orang yang tidak sunat bisa mengganggu ktivitas sexual dan rentan terhadap penyakit?apakah berbahaya jika tidak disunat?thx

    Mas Andi, Secara medis, sunat itu sangat dianjurkan karena pada kelamin (penis) yang tidak disunat, dibalik “kulup” ada kotoran yang berwarna putih (seperti pasta gigi) yang dinamakan smegma. Nah, smegma itu merupakan karsinogen yakni sesuatu yang dapat memacu pertumbuhan sel kanker terutama mulut rahim pasangan. Oleh karena itu, Anda ndak ingin khan dituduh menjadi penyebab terjadi kanker rahim ? Dan inilah sesungguhnya rahasia dibalik ajaran Islam tentang kesucian dan kebersihan (fitrah) yang salah satunya dengan melakukan khitan. Jadi, jangan ragu untuk berkhitan ya.. karena anda sudah melaksanakan fitrah dan tentu saja akan lebih nikmat ketika berhubungan dengan istri anda…

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  19. 19

    umar nr said,

    assalamuálaikum wr wb
    perkenalkan saya dr umar nur rachman, SpPD saya dulu pernah bekerja di RS PKU Muhamaadiyah Solo. Maáf saya ingin bersilaturahmi disini, salam untuk dr Bambang SpAn dan rekan-2 lainnya . Wassalam

  20. 20

    fifi said,

    dokter, nama saya fifi yang mau saya tanyakan kemaren ini saya sudah melahirkan bayi prematur juga dan akhirnya meninggal, karena saya sudah dua kali mengalami tersebut saya berusaha mencari apa penyebab nya, sudah di periksa torch nya tidak positif ,dan kata dokter itu mulut rahim saya pendek, katanya mulut rahim nya harus di ikat , yang mau saya tanyakan berapa bulan harus di iikat mulut rahim nya

    Ibu Fifi yang baru punya momongan, mulut rahim yang diikat dilaksanakan sampai dengan usia kehamilan 9 (Sembilan) bulan.

  21. 21

    aprillia said,

    dok, saya ibu rumah tangga 26 thn, menikah 10 bln, dan kami belum mempunyai anak. belum lama ini kami konsultasi ke dokter kandungan dan setelah saya di usg rahim saya baik2 saja, lalu dokter menyuruh saya tes indung telur dan ternyata indung telur saya buntu dua2nya, dan dokter melakukan peniupan. apa dengan cara peniupan akan berhasil?, dan saya bisa hamil?, karena kl tidak saya disarankan untuk melakukan bayi tabung, dan bayi tabung itu bukan biaya yg sedikit khan dok, karna saya bukan dari kelurga yg berada. apa ada cara lain selain bayi tabung?, agar saya bisa hamil, lalu berapa persen cara peniupan itu tidak berhasil?. terus terang saat ini saya benar2 putus asa & takut mengecewakan suami & keluarga besar saya. terima kasih atas waktu dokter & mohon jawaban di kirim ke alamat email saya.
    Salam,
    APRI

    Ibu, pada dasarnya USG tidak pasti benar. Bila ibu menghendaki cara yang lebih akurat,ibu dapat memeriksakan diri dengan teknik laporoskopi untuk melihat kondisi saluran telur dan factor peritoneum. Apabila dari hasil itu ditemukan bahwa keduanya buntu, alternatifnya adalah dengan cara bayi tabung. Untuk alternative ibu bisa lakukan dengan diatermi, perut ibu dihangatkan dengan alat atau ibu bisa membeli bantal panas kemudian di taruh di perut bawah dan pinggang. Lakukan hal itu setiap hari secukupnya. Demikian jawaban saya…

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  22. 22

    azizah said,

    asalamualaikum dok.
    saya tiara umur 23 thn.menikah baru 1 bulan.sebelum menikah,saya gk pernah melakukan hubungan badan,ya secara otomstis,saya kan masih perawan.
    setelah menikah,saya baru melakukan hubungan badan dengan suami saya.
    yang saya tanyakan,setelah melakukan hubungan suami istri,tidak keluar darah dari alat kelamn saya,seperti yang biasa di alami setelah berhubungan.
    apakah saya masih perawan,atau sudah tidak perawan lagi???
    dan apakah dengan keluar darah,itu bukti kalau wanita sudah gk perawan lagi?
    mohon bantuan jawabannya ya dok!!!
    sebelumnya trima kasih banyak

    Ibu Azizah atau Tiara ? Keluar darah pada waktu malam pertama bukan merupakan jaminan seseorang masih perawan atau tidak. Perlu diketahui bahwa selaput dara pada wanita ada beberapa jenis. Bila selaput dara ibu termasuk jenis yang elastis, tentunya tidak keluar darah, atau bila selaput dara ibu termasuk yang mudah robek, bisa jadi tanpa ibu sadari selaput dara itu robek ketika ibu mengalami suatu kejadian yang dapat merobekkan selaput dara-misalnya-terjatuh. Oleh karena itu, jangan risaukan adanya darah dan tidak pada malam pertama, karena pada orang yang tidak perawanpun selaput dara bisa dikembalikan seperti asalnya (biar keluar darah pada saat hubungan suami istri) dengan cara operasi hymenoplasty. Sekali lagi, yakin dan percaya dirilah kalau memang ibu tidak pernah berhubungan suami istri sebelumnya dan sebisa mungkin dikomunikasikan dengan suami agar tidak terjadi kecurigaan ataupun suudzdzon pada suami. Saya yakin suami juga akan mengerti dan tambah sayang dengan adanya komunikasi yang dibangun dengan kejujuran dan keterbukaan. Demikian jawaban saya dan Salam saya untuk suami tercinta…

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  23. 23

    doni mp said,

    Yth. Pengasuh / Dokter Sp. Kandungan

    Saya ingin konsultasi beberapa pertanyaan, mohon maaf kalau terlalu

    banyak.
    1. Bagaimana cara yang paling tepat untuk memastikan suatu kehamilan

    terjadi atau tidak?
    2. Kalau caranya adalah ke dokter, apakah ke dokter umum dulu atau

    langsung ke dokter kandungan?
    3. Lalu apakah di dokter kandungan akan langsung diperiksa dengan USG,

    dan apakah setiap dokter kandungan pasti punya alat USG masing-masing?

    4. Kalau kemudian positif hamil, apakah mungkin untuk meminta

    bantuan/bimbingan untuk melakukan ‘pengguguran kandungan dengan cara

    yang terbaik’ kepada dokter kandungan pada saat konsultasi, dengan

    alasan belum siap menerima janin?

    Demikian Pak pertanyaan dari saya, sekali lagi mohon maaf dan mohon

    tanggapannya. Terima kasih banyak atas perhatiannya.

    Pak Doni,
    1. Yang paling tepat periksa tes urin dan USG Kandungan
    2. Periksa kepada dokter ahli kebidanan dan kandungan lebih tepat.
    3. Biasanya, praktek dokter ahli kebidanan dan kandungan sudah dilengkapi dengan fasilitas USG.
    4. Secara agama, pengguguran adalah perbuatan melanggar larangan Allah dan tentu dosa besar karena bisa dikategorikan membunuh, sedang secara medis, bila tidak ada indikasi harus abortus hal itu sangat merugikan bagi kesehatan ibu. Perlu diingat pula, salah satu tujuan pernikahan adalah untuk melangsungkan keturunan manusia. Oleh karena itu saran saya, anda harus mensyukurinya karena Allah telah memilih anda menerima amanat-Nya, cobalah anda lihat, betapa banyak pasangan suami istri yang dengan susah payah berkorban harta, waktu kesempatan dan yang lainnya demi mendapatkan momongan.

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  24. 24

    Ina said,

    Met siang Dok, aku baru menikah 7 hari yang lalu tepatnya tanggal 08-08-2008, pas aku mau malam pertama sorenya aku keluar darah, tanda aku mau datang bulan.
    Trus aku tunggu sampai malam gak keluar2 tu darah haidnya, biasanya sich suka keluar banyak, truz suami aku tu pengen berhubungan, y akhirnya aku berhubungan dari malam sabtu & malam minggu itu pun di keluarin di luar.
    Trus minggu sorenya aku minum jamu&senin paginya aku minum jamu lagi, aku pikir aku mau haid, tapi ternyata gak keluar haid juga,hari rabu tepatnya tgl.13 Agustus 2008 badan aku tu merasa gak enak, firasat aku tu gak enak banget, akhirnya aku putusin beli tes pack, aku tes hari jumat pagi tgl.15 Agustus 2008 dan hasilnya positif.
    Yang saya mau tanyakan, apakah ada dampak buruk buat perkembangan janin setelah saya minum jamu 2x??saya takut janinnya cacat Dok!!! mohon penjelasannya & apa yang harus saya lakukan??
    Terimakasih

    Bu Ina, saran saya, sebaiknya untuk jamu jangan diminum lagi ya bu, karena kadang berdampak tidak baik untuk kehamilan. Yang harus dilakukan oleh ibu adalah memeriksakan kehamilan dengan USG, dengan pemeriksaan tersebut Insya Allah akan diketahui apakah dalam kehamilan ibu ada gangguan atau tidak. Kalau minum jamu baru 2 kali sih Insya Allah belum bermasalah, tidak perlu cemas yang berlebihan ya bu,justru ibu harus lebih tenang dan enjoy ….

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  25. 25

    uccy said,

    Dokter nama saya Uccy, saat ini saya sedang hamil anak pertama saya dok. Tapi kenapa saya merasa takut ya dok. Karena saudara saya bilang kandungan saya sepertinya tidak normal. Karena menurut sepupuh saya, biasanya saat perut mulai membesar itu di muali dari bagian atas ( Di bawah PAyudara) Sedangkan saya justru di bawah dok ( Diatas kemaluan saya). Apakah benar itu tidak normal dok? secara usia kandungan saya saat ini memasuki bulan ke 4. Dan kenapa ya dok belakangan ini saya sering mengalami nyeri2 di perut bagian kiri. Apakah itu tidak mengganggu kandungan dok.. Karena sampai saat ini pun saya belum berani periksa kedokter kandungan dok. Ju2r… karena sedari kecil saya paling takut dengan yang namanya Rumah sakit dan Dokter…. Mohon masukkannya ya Dok. Terima kasih.

    Untuk ibu Uccy, sesungguhnya kehamilan itu normalnya berkembang dari arah bawah karena dari arah itulah rahim berada. Jadi kondisi ibu sebenarnya normal-normal saja. Nah, biasanya seiring dengan membesarnya rahim biasanya diikuti dengan rasa tidak nyaman atau nyeri di perut bagian bawah, boyok, sering pipis dan juga kadang-kadang ampeg ulu hati/nafas. Bila itu di alami oleh ibu,itu normal-normal juga Bu…Sebaiknya jangan takut dengan dokter, atau carilah dokter yang dirasa oleh ibu enak / nyaman untuk diajak berkonsultasi karena dengan komunikasi yang baik saya yakin hal itu akan menentramkan/menenangkan ibu. Btw, selamat atas kehamilan ibu, semoga semuanya lancar… dan jangan takut dengan dokter, mereka bukan monster khan ?

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  26. 26

    ardy wilaga said,

    dok saya mo tanya,kami sudah menikah selama setahun tapi belum ingin punya momongan karna kami masih dalam masa2 sulit,saya punya keluhan bulan lalu saya masih datangbulan tapi knapa bulan ini pas mo datang bulan saat air susu saya keluar,apakah saya syudah bisa dibilanghamil dok?dan pakah wanita yg keluar air susunya sudah pasti hamil??tolong jawabanya.trima kasih..

    Untuk bapak Ardy, justru wanita yang keluar ASI-ya itu susah untuk hamil karena hormon prolaktin menekan hormon…. Di otak untuk merangsang telur matang. Kemungkinan ibu tidak hamil tetapi malah beresiko terjadi gangguan haid. Coba datang kontrol ke dokter ahli kandungan ibu..

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  27. 27

    sumiati said,

    selamat sore dok

    dok saya pernah ke guguran, pas usia kandunganku 5 bln, sampai sekarang rumah tangga saya sudah 2 tahun, tapi belum dikaruniai anak sampai saat ini . kalau datang bulan juga sebulan 2x. dok yang ingin saya tanyakan apa penyebab datang sebulan 2x dan bagai mana cara supaya cepet punya keturunan.terima kasih

    Datang bulan 2 (dua) kali dalamsebulan menunjukkan ada gangguan haid atau hormonal. Hal itulah yang menyebabkan susah hamil. Oleh karena itu sebaiknya kontrol ke dokter ahli kandungan untuk diatur haidnya dan sekalian deprogram hamil.

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  28. 28

    hari said,

    siang dok, saya menikah 7 bulan yang lalu, sekarang isteri saya terlambat haid/ (datang bulan) selama empat bulan,setelah kami tes ternyata hasilnya negatif hamil dan isteri saya tidak menunjukan gejala-gejala hamil.apakah terlambat haid/ datang bulan selama itu adalah penyakit?apakah diperbolehkan minum obat untuk memperlancar haidnya lagi? yang bagus obatnya apa? terimakasih dan kami sanggat menunggu jawaban dari dokter.

    Pak Hari, Terlambat haid lebih dari 3 (tiga)bulan kita kategorikan sebagai amenore sekunder. Bila ternyata memang tidak hamill, harus dicari penyebabnya, dengan memeriksakan diri ke dokter dengan menggunakan USG,hal itu lebih baik. Apabila setelah periksa ditemukan ada kelainan maka kelainan yang ada tersebut harus segera diterapi. Jika keterlambatan haid itu karena hormonal, maka bisa diatur dengan menggunakan obat yang khusus untuk pengaturan haid. Oleh karena itu, coba bapak periksakan terlebih dahulu dengan dokter ahli kandungan terdekat guna didapatkan informasi yang lebih cepat. Demikian jawaban saya…

    Jawaban oleh dr. H. Soffin Arfian, Sp.OG

  29. 29

    pkusolo said,

    Wassalamu ‘alaikum Pak Dokter…salam sudah kami sampaikan kepada Bp dr. Bambang Sutanto, Sp.An dan teman-teman dokter lain yang kenal dengan pak Umar Salambalik, semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Silaturrahim mudah-mudahan tidak terputus.

  30. 30

    aprillia said,

    Terima kasih atas jawaban dari dokter.
    ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan kembali menyangkut pertanyaan saya waktu itu.
    waktu saya di periksa untuk mengetahui indung telur saya, dokter memasukan alat yang saya rasakan sangat sakit sekali dan dokter juga bisa melihat seperti di usg kalau memang indung telur saya buntu dua2nya. tapi saya pernah dengar kalau ada cara lain selain bayi tabung yaitu inseminasi, apa bisa saya melakukan cara itu?, karena cara itu juga tidak membutuh kan biaya yang banyak.
    lalu cara alternatif yang dokter sarankan, di mana saya bisa membeli bantal panas tersebut?, apa yang dimaksud bantal yang di aliri listrik?.
    terima kasih atas waktu dokter, jawaban dokter sangat berguna untuk saya.

  31. 31

    dodo said,

    assalamualaikum

    ada masalah pada rambut saya.umur saya 26 tahun,tetapi kepala menunjukan gejala kebotakan.Orang tua dan saudara2 saya tidak ada yg mengalami hal tersebut.pernah membaca tentang penyebab kebotakan.Ada karena keturunan dan ada karena stres dan lainnya.berbagai obat sudah kucoba,tetapi belum ada gejala subur/tumbuh rambut idaman.Lewat google kutelusuri kalau operasi transpalasi rambut adalah satu2nya cara penyembuhan,bahkan dikatakan 100% rambut kembali normal,dan operasi itu pernah dilakukan di RS PKU Muhamadiyah Solo.Kalau boleh tahu berapa biayanya?berapa kali operasi?dan dengan dokter siapa saya bisa berkonsultasi(bila perlu kirim no HP/email yg bisa dihubungi),terima kasih

    Operasi tanam rambut pernah dipraktekkan dalam simposium dokter kulit seluruh Indonesia di RS. PKU Muhammadiyah Solo pada tahun 2002 dan 2003, untuk kejelasan tentang informasi tentang tanam rambut, silahkan kontak Humas RS. PKU Muhammadiyah Solo (Ibu Betty Andriani) di Nomor 0271-714578.

  32. 32

    didi said,

    Terimakasih PKU, selama kakak saya di rawat d PKU solo, pelayanannya sangat memuaskan..

  33. 33

    dodo said,

    terima kasih atas jawabannya,semoga keprofesionalan RS PKU MUHAMMADIYAH Solo terus berlanjut dan meningkat

  34. 34

    annita said,

    Selamat siang Dok…Saya baru membaca artikel doktel lewat website seputar masalah keputihan dan wanita. Yang ingin saya konsultasikan dengan dokter bahwa sudah hampir 4 tahun belakangan saya menderita keputihan yang berulang-ulang. Sudah berkali-kali ke Dokter kandungan tetapi keputihan tsb hanya hilang sesaat tapi kembali lagi. sudah bermacam-macam obat yang diberikan Dokter tetapi itu hanya untuk sesaat saja. Perlu diketahui saya berumur 26 tahun dan sudah menikah sejak tahun 2007 tetapi blm memiliki anak dan keputihan tsb biasanya akan meningkat lebih parah jika selesai menstruasi atau berhubungan dgn suami. Tetapi jiika saya rutin berhubungan dgn suami setiap hari keputihan tersebut malah berangsur hilang. Sebelum menikah saya sudah pernah berhubungan badan dengan pasangan saya terdahulu. Terima kasih atas informasinya.

    • 35

      pkusolo said,

      Sebaiknya periksa swab vagina dulu di Labortorium dan hasilnya dibawa ke Dokter Bu, karena tipe dan jenis bakteri / jamur mungkin berbeda. Karena resiko Infeksi Vagina bisa Ascending Infection ke atas menjadi radng panggul yang dapt menyebabkan kesulitan kehmilan.

  35. 36

    Yenny said,

    Salam Pak Dokter,

    Saya adalah wanita umur 21, saya telah menikah satu setengah tahun dan telah memiliki seorang putra berumur 5 bulan. Saya sekarang positif hamil lagi Dok padahal saya kemaren lahirnya pake caesar.Sampai sekarang bekas caesar saya kadang juga masi perih seperti sakit kena sayat-sayat. Katanya dokter harus 2 tahun baru bole punya anak lagi tapi saya sudah keburu hamil Dok. Saya bingung Dok atas kehamilan yang tidak direncanakan ini. Yang ingin saya tanyakan :

    1. Bisa bahaya terhadap bekas operasi saya ngak Dok kalo saya hamil lagi?
    2. Saya ngak berani minum obat KB ato suntik karena banyak efek sampingannya Dok..Apa ada obat KB yg aman yg tidak bisa mengakibatkan kegemukan ato flek hitam di wajah?

    • 37

      pkusolo said,

      - Luka operasi sudah sembuh sempurna selama mulai 3 bulan. Jadi tidak usah kuatir bu, Insya Allah tidak apa – apa. Hanya
      saja resiko lahir SC kembali lebih besar.
      – KB yang tidak hormonal menggunakan spiral saja lebih aman.

  36. 38

    dinta said,

    pak, saya memiliki ibu yang berumur 48th. Beliau telah mengalami menopouse, akhir2 ini beliau mengalami keputihan hingga berwarna kuning kehijauan namun tidak berbau dan tidak merasakan gatal atau nyeri. Apakah itu keputihan yang wajar?

    • 39

      pkusolo said,

      Kalau keputihan sudah berwarna kuning dan kehijaun berarti sudah ada infeksi. Sebaiknya segera berobat, karena keputihan yang wajar berwarna jernih / agak keruh sedikit.

  37. 40

    dinta said,

    pak, saya memiliki ibu yang berumur 48th. Beliau telah mengalami menopouse, akhir2 ini beliau mengalami keputihan hingga berwarna kuning kehijauan namun tidak berbau dan tidak merasakan gatal atau nyeri. Apakah itu keputihan yang wajar. Terimakasih atas waktu dokter.

    • 41

      pkusolo said,

      Kalau keputihan sudah berwarna kuning dan kehijaun berarti sudah ada infeksi. Sebaiknya segera berobat, karena keputihan yang wajar berwarna jernih / agak keruh sedikit.

  38. 42

    erma said,

    dokter soffin praktek dimana ja?hari apa?jam berapa?maaf sebelumnya

    • 43

      pkusolo said,

      - Di RS PKU Muhammadiyah Surakarta setiap hari Senin s/d Sabtu Jam 08. 00 – 12. 00 WIB
      – Di Apotek PADMA Jl. RM . Said No. 156 Surakarta setiap hari Senin s/d Jum’at Jam 18. 00 – 20.00 WIB

  39. 44

    dewi said,

    assalamualaikum dok..
    dok,apakah da jln tuk punya momongan bagi penderita azoospermia krn kerusakan “pabrik”nya?langkah apa yang mesti kami tempuh?terima kasih dok
    wassalamu`alaikum

    • 45

      pkusolo said,

      Jalan yang ditempuh yaitu dicoba dengan teknik TESE untuk mengambil spermanya. Bila masih ada dan dilanjutkan dengan ICSI suntikan sperma ke dalam sel telur langsung dan dilanjutkan dengan embrio transfer.

  40. 46

    alisha said,

    Dok saya gadis 23 tahun,saya mau bertanya.pada akhir thn 2006 lalu saya pernah tdk mendapatkan haid selama 6 bln.tp saya coba minum obat pelancar haid,3 hr setelahnya haid saya langsung lancar dan teratur.sebelumnya haid saya tdk pernah lancar.tp saat ini saya tidak mendapat haid lagi Dok,sudah 4 bln.saya coba minum obat pelancar haid,tp hasilnya nihil.yang saya mau tanyakan, apa kah saya ini mengidap suatu penyakit atau tidak Dok?soalnya saya takut sekali Dok.saya mohon jawabannya dok.Teima kasih.

    • 47

      pkusolo said,

      Terlambat haid biasanya disebabkan oleh karena faktor fisiologis seperti kehamilan, atau patologis seperti gangguan hormonal, kiste ovarium. Faktor psikis memang cukup berpengaruh juga. Jadi sebaiknya konsultasi ke Dokter dulu ya

  41. 48

    dewi said,

    makasih atas jawabannya,maaf sebelumnya kira2 proses TESE dsb sampe embrio transfer butuh biaya berapa ya dok?? apa saja yg musti dipersiapkan dan berapa % tingkat keberhasilannya.
    terima kasih

  42. 49

    dodo said,

    nomor ekstensi poliklinik spesialis kulit berapa ya?

  43. 50

    bunga2008 said,

    Malam dok….
    saya mau tanya, saya udh 9 th menikah dan lama tdk ada anak. skrg saya ikut program bayi tabung. setelah seminggu transfer embrio, saya tes pake tes pack hasilnya negatif :-(
    apakah itu hasilnya valid?

  44. 51

    Assalamu’alaikum dokter

    Saya wanita 28 tahun, sudah 7 bulan menikah.
    Bulan lalu saya telat mens 7 hari dan sudah saya tespek hasilnya 2 garis, yg satu jelas dan satunya samar. Tetapi besoknya saya ada flek coklat 2 hari kemudian mens 5 hari ( darah cair dan lebih banyak dari biasanya). Setelah selesai sy coba tespek lagi ternyata hasilnya masih 2 garis satu jelas satu samar. Sebenarnya saya ini kenapa ya dok? Ini tespeknya yg eror apa ada masalah dengan rahim saya?

    • 52

      pkusolo said,

      Mohon maaf sebelumnya, apa ibu sudah ke dokter kandungan untuk mengklarifikasi hasil test pack tersebut? Kalau berdasarkan hasil test pack, ibu hamil. Darah yang keluar kemarin, bisa jadi itu suatu proses ancaman keguguran atau memang telah terjadi keguguran. Untuk memastikannya, ibu harus konsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG.

  45. 53

    nana said,

    dok sya mau tanya,sya dah Lma keputihan n gtal pda lubang vagina dok,sdh sya prksakn cuma dksih obat,smbuh tp bbrp hri sja,apa krn itu sya blum m’punyai keturunan dok,sya jg mau tany dok,apotek padma tuw pase mna,,mksih

    • 54

      pkusolo said,

      Penyebab dari keputihan tersebut belum tertangani. Bisa saja itu menjadi penyebab belum mempunyai keturunan, karena bisa saja ada infeksi di saluran reproduksi. Sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  46. 55

    vivi said,

    assalamualaikum
    dokter saya itu jadwal menstruasinya tidak teratur,kadang dua bulan sekali kadang sebulan sekali.Umur saya 25 tahun,ini saya sudah 2,5 bulan tidak menstruasi. Saya belum punya suami. Apakah itu wajar atau tidak. Agar menstruasi saya teratur apa yang harus saya lakukan

    • 56

      pkusolo said,

      Itu tidak wajar mbak, siklus haid normal paling tidak satu bulan sekali. Sebaiknya mbak konsul ke dokter kandungan untuk mengetahui apakah ada gangguan hrmonal atau tidak dan dapat diberikan penanganan yang tepat.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

